Kamis, 29 Oktober 2015

Daerah Lombok



BUDAYA,MAKANAN DAN CIRI KHAS LOMBOK

aku tinggal di sebuah pulau yang terletak di bagian barat indonesia, pulau itu adalah pulau lombok. Pulau itu mungkin tak sebesar pulau jawa, kalimantan atau yang lainnya. Namun pulau ini menyajikan sebuah pemandangan yang sangat indah dan memiliki berbagai macam budaya yang turun menurun dari para leluhur juga yang tak kalah menarik adalah makan yang menjadi khas daerah ini.

Budaya
Berbicara tentang budaya, di Lombok terdapat beberapa budaya unik seperti presean,gendang beleq dan bau nyale. Presean yaitu permainan yang dilakukan oleh 2 orang pemain laki-laki saja. Gendang beleq adalah sebuah permainan musik yang terdiri dari gendang dan simbal yang dimainkan dengan beberapa gerakan serentak dari para pemain dan biasanya yang memainkan alat musik ini adalah para laki-laki saja. Sedangkan bau nyale adalah sebuah acara menangkapkap nyale, yaitu hewan yang mirip dengan cacing laut yang biasanya di lakukan1 / 2 kali dalam setahun. Bau nyale ini biasanya dilakukan di lombok tengah karena konon dulu ceritanya di lombok tengah tersebut terdapat seorang putri yang sangat cantik jelita,kaya raya dan juga baik hati yang bernama putri nyale,sehingga banyak pra pemuda dan pangeran-pangeran dari berbagai kerajaan ingin mempersunting sang putri namun sang putri tidak ingin memilih salah satu dari mereka karena dia takut menyakiti hati para pemuda dan pangeran-pangeran tersebut jadi karena itu sang putri berlari ke pantai dan melompat kepantai tersebut. Tidak lama setelah sang putri hilang di pantai itu, muncul lah berjuta-juta binatang yang menyerupai cacing laut di tempat putri nyale itu melompat. Sejak saat itu para warga sekitar mulai melakukan acara bau nyale.

Makanan
Hal yang tidak kalah menarik, di Lombok juga ada beragam jenis makanan khas seperti pelecing yaitu makanan yang di buat dari kangkung,toge dan sambal, ayam taliwang,sate rembiga, sate pusut, dan juga makanan yang hampir selalu ada di setiap acara di Lombok yaitu ares. Ares ini adalah sejenis sayur yang di buat dari batang pohon pisang. 

Ciri Khas
Lombok itu biasanya dikenal dengan penghasil mutiaranya yang kwalitasnya terbaik sedunia,khususnya mutiara jenis air laut jadi para wisatawan yang datang ke Lombok biasanya menjadikan mutiara ini sebagai oleh-oleh. Yang tak kalah menarik Lombok juga dikenal memiliki kerajinan gerabah dan kerajinan cuklinya hingga ke internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar